وَمَا هَٰذِهِ ٱلْحَيَوٰةُ ٱلدُّنْيَآ إِلَّا لَهْوٌ وَلَعِبٌ ۚ وَإِنَّ ٱلدَّارَ ٱلْءَاخِرَةَ لَهِىَ ٱلْحَيَوَانُ ۚ لَوْ كَانُوا۟ يَعْلَمُونَ

“Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, kalau mereka mengetahui.” (QS. Al-Ankabut:64)

Saturday, 16 May 2020

Pengabdian Pada Masyarakat:Pemanfaatan Facebook Marketing Untuk Menambah Penghasilan di Tengah Pandemi Covid-19

Penyebaran virus Corona atau yang dikenal dengan sebutan COVID-19 di Indonesia memaksa pemerintah memberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di berbagai daerah. Di sektor ekonomi tak dapat dipungkiri telah terjadi pergeseran paradigma pemasaran, dari pemasaran tradisional (offline) ke pemasaran modern (online). Salah satu media pemasaran online atau daring yaitu melalui media sosial. Penggunaan media sosial yang meningkat patut menjadi perhatian khususnya bagi industri rumahan, pedagang kecil, penjual jasa, bahkan ibu-ibu rumah tangga yang ingin mencari tambahan pendapatan. Peluang usaha berbasis media sosial khususnya menggunakan Facebook sangat besar mengingat pengguna Facebook adalah yang terbesar di dunia dan nomor dua di Indonesia.

Untuk membantu masalah yang dihadapi masyarakat saat ini dan sebagai bentuk pelaksanaan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian pada masyarakat, dosen Program Studi Ilmu Komputer Kampus Kota Sukabumi Universitas Bina Sarana Informatika mengadakan pelatihan dengan tema “Pemanfaatan Facebook Marketing untuk Menambah Penghasilan di Tengah Pandemi Covid-19”, tujuannya untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan dan melakukan pendampingan peserta dalam hal pemasaran produk menggunakan media Facebook.

Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan melalui media daring menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meetings berlangsung selama dua hari pada tanggal 16 dan 17 Mei 2020. Pelatihan ini diikuti oleh 20 orang peserta yang terdiri dari perangkat desa dan ibu-ibu PKK yang berada di lingkungan Desa Bojongsawah Kecamatan Kebonpedes Kabupaten Sukabumi. Kegiatan diawali dengan pembukaan dan sambutan-sambutan diantaranya dari ketua pelaksana kegiatan dan perwakilan dari peserta. Selanjutnya pemaparan materi tentang marketing dengan memanfaatkan media sosial Facebook yang disampaikan oleh tutor pertama yaitu Denny Pribadi, M.Kom. Esok harinya, dimulai dari pukul 09.00 kegiatan dilanjutkan dengan praktek cara memasarkan produk yang efektif melalui Facebook yang dipandu oleh tutor kedua yaitu Gunawan, M.Kom. Kegiatan berakhir pukul 11.00 yang ditutup oleh Kepala Desa Bojongsawah, Mahmud Faisal, S.I.P.

Dalam sambutan penutupnya Mahmud mengucapkan terima kasih kepada dosen-dosen Universitas Bina Sarana Informatika atas kepeduliannya terhadap warga Desa Bojongsawah yang terdampak secara ekonomi akibat pandemi Covid-19. “Semoga setelah pelatihan ini para ibu rumah tangga bisa memulai langkahnya dengan menjalankan sebuah bisnis online yang tujuannya tentu saja untuk memperbaiki perekonomian keluarga”, ujarnya.

Tidak lupa pihak Universitas Bina Sarana Informatika PSDKU Sukabumi juga mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung terselenggaranya pelatihan ini dan berharap pengabdian pada masyarakat ini dapat berkontribusi bagi masyarakat Desa Bojongsawah Kecamatan Kebonpedes Kabupaten Sukabumi dalam memanfaatkan media jejaring sosial untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat desa sehingga masyarakat Desa Bojongsawah dapat bertahan di tengah pandemi Covid-19 ini.

0 komentar :

Post a comment