وَمَا هَٰذِهِ ٱلْحَيَوٰةُ ٱلدُّنْيَآ إِلَّا لَهْوٌ وَلَعِبٌ ۚ وَإِنَّ ٱلدَّارَ ٱلْءَاخِرَةَ لَهِىَ ٱلْحَيَوَانُ ۚ لَوْ كَانُوا۟ يَعْلَمُونَ

“Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, kalau mereka mengetahui.” (QS. Al-Ankabut:64)

Saturday, 24 November 2018

Pengabdian Pada Masyarakat:Pelatihan Photoshop Dalam Meraih Peluang Usaha bagi Karang Taruna Nirwana XII Kelurahan Gunung Puyuh Kota Sukabumi

Dunia yang terus berubah, memaksa generasi milenial untuk memiliki kompetensi yang berbeda untuk mencapai sukses pada masa lalu, saat ini dan masa depan. Sebab itu generasi milineal yang notabene adalah calon-calon tenaga kerja harus mempersiapkan kemampuan dan kompetensi yang dimilikinya sebelum masuk ke dunia kerja. Tidak hanya itu, melalui kompetensi yang dimiliki, perusahaan lebih mengetahui posisi apa yang cocok dan tepat untuk calon karyawannya. Bukan menjadi acuan baku bahwa kompetensi menjadi suatu hal paling penting untuk dimiliki seorang karyawan, tetapi sebagai calon karyawan juga perlu tahu kira-kira kompetensi seperti apa yang umumnya diinginkan perusahaan.
Bukan hanya dunia kerja yang menuntut calon karyawan harus memiliki kompetensi, setiap generasi milineal yang akan terjun ke dunia entrepreneur pun harus memiliki skill sebagai modal dalam bersaing.
Kompetensi dapat diartikan sebagai karakter individu yang dapat diukur dan ditentukan untuk menunjukkan perilaku dan performa kerja tertentu pada diri seseorang (Spencer, McClelland & Spencer, 1994). Kompetensi berkaitan dengan sikap (apa yang dikatakan dan dilakukan seseorang) yang menunjukkan performa seseorang baik atau buruk.
Pada dunia kerja, kompetensi dibutuhkan untuk mengetahui tipe pekerjaan seperti apa yang tepat bagi seseorang. Kompetensi atas diri seseorang dapat diperoleh melalui pengembangan pribadi, bias melalui training atau pelatihan-pelatihan tertentu.
Thus, salah satu sumbangsih dari dunia akademisi khususnya Universitas BSI Kampus Sukabumi dalam membantu meningkatkan kompetensi calon-calon tenaga kerja adalah melalui pengabdian pada masyarakat dengan memberikan pelatihan photoshop kepada pemuda-pemudi Karang Taruna Nirwana XII Kelurahan Gunungpuyuh Kota Sukabumi yang dilaksanakan pada tanggal 24 – 25 November 2018 bertempat di Laboratorium Komputer Universitas BSI Kampus Sukabumi.
Tujuan dari kegiatan ini adalah agar anggota Karang Taruna Nirwana XII memiliki kompetensi dan membantu mereka dalam mengembangkan sikap inovatif, kreatif dan mampu meningkatkan produktifitasnya melalui usaha dengan aplikasi Photoshop, seperti desain grafis, edit gambar atau foto, membuat kartu undangan, dll.
Kegiatan pelatihan ini diselenggarakan selama 2 hari. Hari pertama dilaksanakan pada tanggal 24 November 2018 dengan materi pengenalan dan latihan Photoshop kepada peserta. Hari kedua pada tanggal 25 November 2018, materi berupa praktek mengedit gambar dan membuat kartu undangan dengan photoshop.
Kami sebagai tim pelaksana pada pelatihan ini mengucapkan terima kasih kepada Karang Taruna Nirwana XII Kelurahan Gunungpuyuh Kota Sukabumi yang telah memberikan akses kepada anggotanya untuk ikut serta berpartisipasi dalam kegiatan ini. Selain itu kami juga mengucapkan terima kasih kepada pimpinan Universitas BSI Kampus Sukabumi yang telah memfasilitasi kegiatan ini dalam memanfaatkan ruang kampus yang ada untuk memberikan pelatihan Photoshop. (Lis Saumi)

0 komentar :

Post a comment