وَمَا هَٰذِهِ ٱلْحَيَوٰةُ ٱلدُّنْيَآ إِلَّا لَهْوٌ وَلَعِبٌ ۚ وَإِنَّ ٱلدَّارَ ٱلْءَاخِرَةَ لَهِىَ ٱلْحَيَوَانُ ۚ لَوْ كَانُوا۟ يَعْلَمُونَ

“Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, kalau mereka mengetahui.” (QS. Al-Ankabut:64)

Friday, 18 December 2015

Pengabdian Pada Masyarakat:Optimasi Mobile Camera untuk e-commerce,Pemodalan dan Pengelolaan modal bagi pengusaha pemula

Sebagai bentuk kepedulian serta perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian terhadap masyarakat, AMIK BSI Sukabumi bekerjasama dengan STMIK Nusa Mandiri Sukabumi melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) menyelenggarakan pelatihan bagi Karang Taruna Salajambe Kabupaten Sukabumi.  Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 18 Desember 2015 di kampus AMIK BSI Sukabumi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan generasi muda agar mampu memanfaatkan teknologi informasi yang ada menjadi sebuah peluang wirausaha.
Kegiatan pengabdian ini dibagi kedalam dua sesi dimana sesi pertama bertajuk workshop “Optimasi Mobile Camera untuk e-commerce” dengan pemateri Rizal Amegia Saputra selaku Dosen dan Praktisi Entrepreneurship. Peserta diberikan pemahaman mengenai cara memanfaatkan media mobile camera yang ada, untuk digunakan dalam memasarkan produk secara online. Workshop  ini dikemas dengan sangat interaktif karena peserta mempraktekan secara langsung apa yang dijelaskan oleh pemateri.
Memasuki sesi kedua, pemuda karang taruna diajak untuk berbincang-bincang ringan dalam Talkshow yang bertema “Pemodalan dan Pengelolaan modal bagi pengusaha pemula” bersama Andi Riyanto, selaku Dosen dan Praktisi Entrepreneurship. Pada sesi ini dibahas bagaimana merencanakan usaha dengan membuat proposal usaha dan mengelola modal yang baik sehingga dapat diketahui titik impas atau break event pointnya dengan menerapkan prinsip dan ilmu akuntansi, sehingga para peserta dapat termotivasi dan terbantu dalam memulai dan merencanakan usaha.
Respon dari peserta Karang Taruna sangat baik, “Materi yang diberikan sangat pas untuk Karang Taruna kita sekarang, sesuai dengan rencana usaha yang akan dibuka oleh Karang Taruna Selajambe. Ini merupakan bekal untuk kita dalam mengolah modal awal membuka usaha dan materi workshop juga dapat dijadikan sebagai peluang bisnis” ujar salah satu peserta.
Melalui kegiatan pengabdian masyarakat Karang Taruna Salajambe ini diharapkan dapat membawa manfaat dan menjadi bekal para pemuda Karang Taruna dalam menghadapi ketatnya persaingan dunia usaha untuk kemudian menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat demi kesejahteraan sosial. LPPM BSI & Nusa Mandiri Sukabumi. (Heri K)

0 komentar :

Post a comment